Cara merubah URLs Search Result di blog wordpress melalui .htaccess

Melihat struktur URLs/permalink search result (hasil pencarian) di blog yang berbasiskan WordPress seperti ini https://www.jevuska.com/?s=whatever+keys katanya kurang SEO friendly, saya sendiri nggak ngerti juga permalink/URLs yang SEO itu bagaimana?

Ada yang bilang struktur permalink search result yang SEO friendly itu seperti ini:
https://www.jevuska.com/search/whatever+keys atau;
https://www.jevuska.com/search/whatever+keys.html

Kalau kamu mau coba merubah struktur permalink search result di blog wordpress yang seperti itu, bisa melalui file .htaccess di hostingan kamu dengan metode Apache module mod_rewrite (URL Rewriting Engine), suatu pemetaan URI menjadi nama file dengan menggunakan regular expressions.

“File .htaccess ada di mana om Jev?, nggak nemu neh!”
Klik icon file manager di Cpanel hostingan, akan muncul window seperti gambar (1).
Pilih folder domainnya, dan centang Show Hidden Files dan klik tombol GO.

Gambar (1)
Gambar (1)

Kemudian pada tampilan file manager domain kamu, cari file .htaccess terletak pada root domain (lihat gambar 2). Jika tidak ada, bikin file baru dan beri nama “.htaccess” (tanpa tanda kutip). Selanjutnya kamu edit file tersebut dengan file editor yang ada.

Gambar 2
Gambar 2

Nah, cara merubah struktur permalink search result di wordpress menjadi seperti ini:
https://www.jevuska.com/search/whatever+keys.html
Langsung saja copy-paste kode di bawah ini dalam file .htaccess tersebut.

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine On
RewriteCond %{THE_REQUEST} ^[A-Z]+\ /(#[^?&\ ]*)?\?([^&\ ]*&)?s=([^&\ ]+)[^\ ]*\ HTTP/
RewriteRule ^$ https://www.jevuska.com/search/%3\.html? [R=301,L]

Ganti www.jevuska.com dalam kode di atas dengan nama domain kamu dan save pekerjaan kamu. Selesai. Sekarang coba buka blog kamu dan ketik keyword yang diinginkan dalam search box yang ada dalam blog kamu, maka akan tampil struktur URLs/permalink search result seperti contoh di atas. Selamat mencoba aja deh sob!

Note: Lebih jauh tentang Apache module mod_rewrite silahkan merujuk ke sini: http://httpd.apache.org/docs/1.3/misc/rewriteguide.html

UPDATE 16-02-2010
Untuk yang tidak pakai permalink .html dibelakang url
Contoh:
https://www.jevuska.com/?s=whatever+keys menjadi https://www.jevuska.com/search/whatever+keys

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine On
RewriteCond %{THE_REQUEST} ^[A-Z]+\ /(#[^?&\ ]*)?\?([^&\ ]*&)?s=([^&\ ]+)[^\ ]*\ HTTP/
RewriteRule ^$ https://www.jevuska.com/search/%3? [R=301,L]

Jangan lupa untuk mengganti www.jevuska.com dalam kode di atas dengan nama domain kamu dan save pekerjaan kamu. Selesai.

UPDATE 13-09-2014
Rewrite .htaccess untuk redirect url dari tanda plus (plus sign) menjadi tanda minus (minus sign) search WordPress, dengan ekstensi .html dibelakang url.

Contoh:
https://www.jevuska.com/?s=whatever+keys menjadi https://www.jevuska.com/search/whatever-keys.html

Options +FollowSymLinks -MultiViews
RewriteEngine on
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^s=(.*?)\+(.*?)$ [NC]
RewriteRule ^ /?s=%1-%2 [R,L]
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^s=(.*?)\-(.*?)$ [NC]
RewriteRule ^  /search/%1-%2.html? [R=301,L]

Jika hasil pencarian menjadi “Not Found” alias tidak ada, itu karena ada tanda minus yang ikut dieksekusi, silahkan baca postingan cara menghilangkan tanda minus tersebut untuk solusinya (kode disitu sudah update untuk WordPress 4.0, tanpa harus oprek file core WP query.php).

21 Replies to “Cara merubah URLs Search Result di blog wordpress melalui .htaccess”

  1. mas jev bagaimana cara redirect htacces untuk semua url, namun…

    mas jev bagaimana cara redirect htacces untuk semua url, namun url baru ada ekstensi .html.

    misal :
    blogcontoh.com/abc-def
    ke
    blogbaru.com/abc-def.html

    maksud saya semua artikel dari domain lama mau dipindah ke domain baru, namun domain baru sudah terlanjut menggunakan ekstensi .html

  2. kalo merubah tanda plus menjadi minus melalui .htaccess bagaimana om?

    kalo merubah tanda plus menjadi minus melalui .htaccess bagaimana om?

    • Untuk halaman pencarian WordPress, kalau untuk merubah tanda plus jadi…

      Untuk halaman pencarian WordPress, kalau untuk merubah tanda plus jadi minus atau sebaliknya, tidak perlu lagi melalui htaccess mas… langsung aja di terapin di url searchnya. Halaman search WP itu reliable kok untuk semua tanda. Tinggal bagaimana cara mengeksekusi hasil pencariannya tanpa harus mengikutkan tanda tersebut sebagai query search.

      Atau mungkin yang dimaksud redirect atau bagaimana mas? seperti postingan ini https://www.jevuska.com/2010/04/10/cara-ganti-tanda-plus-jadi-minus-di-permalink-search/

      • Saya sudah merubah file query.php dan htaccessnya, dan hasil search…

        Saya sudah merubah file query.php dan htaccessnya, dan hasil search url sudah menjadi http://example.com/search/key+word.html tapi tidak bisa merubah tanda plus jadi minus pd htaccessnya.

        Saya coba tanya di http://stackoverflow.com/questions/25781998/replace-plus-with-dash-in-wordpress-search/25788823 tapi masih gagal dan hanya berhasil jika memakai plugin atau merubah di functions.php. Sedangkan jika merubah file search.php tidak memungkinkan krn file tsb tidak ada dan juga tidak mungkin utk meng-copynya dari index.php.

        Bagaimana caranya agar hasil search urlnya menjadi tanda minus hanya dengan menggunakan htaccess saja Om?

        • I see… postingan ini sudah diupdate mas… silahkan dicoba untuk…

          I see… postingan ini sudah diupdate mas… silahkan dicoba untuk solusinya.

  3. itu naruh kode-nya bagian mana di .htaccess bang di ganti…

    itu naruh kode-nya bagian mana di .htaccess bang di ganti sama kode yg ada di dalam .htaccess apa taruh bagian atas/bawah penjelasannya kurang lengkap nih…

    • Simpan paling bawah aja mas :)

      Simpan paling bawah aja mas :)

  4. mas kq di file manager ku g bisa edit file…

    mas kq di file manager ku g bisa edit file htaccessnya mas??
    mohon bantuannya mas….
    maaf msh newbie

    • coba pake ftp langsung misalnya addon fire ftp, bukanya pake…

      coba pake ftp langsung misalnya addon fire ftp, bukanya pake dreamweaver, jangan lupa untuk mengaktifkan Tools » Options » show hidden file di addon-nya.

  5. mas, aku sudah mencoba trik diatas. nah itu udah benar…

    mas, aku sudah mencoba trik diatas.
    nah itu udah benar URLnya menjadi h**p://www.sample.com/search/cari.html
    tp kog hasilnya malah masuk di 404 ya mas?
    yang salah dimananya itu??

  6. termikasih infonya. yang saya mau tanyakan, permalink seperti apa yang…

    termikasih infonya. yang saya mau tanyakan, permalink seperti apa yang tepat untuk SEO ? apakah dengan menggunakan www pada url lebih baik untuk SEO ?

    • Menurut saya pribadi, hasil permalink yang lebih pendek lebih bagus.…

      Menurut saya pribadi, hasil permalink yang lebih pendek lebih bagus. Blog ini memakai www karena sudah terlanjur di-index Google search engine dan butuh waktu lagi bagi robot Google untuk mengindex ulang jika saya merubahnya. Lagian blog ini pernah bermasalah di search engine (google) karena www. Rupanya permanent 301 redirect harus diterapkan di htaccess jika anda memakai www (baca guidelines Google webmaster mengenai permanent redirect). Jadi untuk masalah yang mana lebih SEO pake www atau tidak pake www, lagi-lagi menurut saya pribadi yang tidak pake www lebih SEO, permalink Anda tentu akan lebih pendek dan Anda tidak perlu pusing mengenai permanent 301 redirect. SEO is experiment and be patient. All depend on your content. Content is the king. What content? not only unique content but fresh too.

  7. om nanya, kalau supaya website kita dibaca om google dari…

    om nanya, kalau supaya website kita dibaca om google dari searchnya itu gimana caranya, beberapa website di chache oleh google degan ling misalnya h**p://www.domain.com/search/mencari+artis+seksi

    itu caranya gimana ya, akrena dibelakan search itu hakikatkan kan bukan hasil permalink sebuah artikel kan.

    tolong dijawab ya

    • Permalink search yang diindex oleh google karena adanya keyword dengan…

      Permalink search yang diindex oleh google karena adanya keyword dengan link yang terbentuk oleh visitor yang datang ke blog kamu lewat search engine dengan memanfaatkan suatu plugin. Plugin itulah yang akan menampilkan keyword yang digunakan pengunjung di blog kamu .Link keywordnya kamu bisa atur apakah menuju ke halaman pencarian atau ke permalink postingan. Thats depend on you. Halaman search dengan permalink seperti yang anda sebutkan memang bukan permalink dari suatu artikel, namanya juga halaman pencarian, halaman yang menampilkan summary artikel-artikel yang terkait dengan kata kunci seperti halnya dengan mesin pencari hanya saja skalanya lebih kecil.

  8. mantap bro tipsnya. saya jadi tau sekarang. thanks ya…semoga ilmunya…

    mantap bro tipsnya. saya jadi tau sekarang. thanks ya…semoga ilmunya bertambah dan terus dibagikan

  9. Mantab bro, sukses dicoba, wah wah, enak jg belajar otodidak…

    Mantab bro, sukses dicoba, wah wah, enak jg belajar otodidak neh, haha, sukses deh ya….

  10. wah iya nieh gara2 hosting aku rd aneh mau rubah…

    wah iya nieh gara2 hosting aku rd aneh mau rubah permalink mesti manual di httacces, gak ngerti caranya ternyata nemu disini…
    tq bro…sukses ya..

  11. wah mudeng nih bang jev, masih awam ka bela ma…

    wah mudeng nih bang jev, masih awam ka bela ma WP….
    bang jev pingback ta dule, kontesnya sisa H-3

  12. wow.. nice tips nih, thanks.. yah.. btw, salam kenaal..

    wow.. nice tips nih, thanks.. yah.. btw, salam kenaal..

Leave a Reply

*

*